Satria Muda Logo
Login
Sign Up
SM Store
Buy Ticket

Tunduk Dari PJ Pada Pertandingan Pembuka

Admin Satria Muda

Oleh Admin

16 Januari 2022

Tunduk Dari PJ Pada Pertandingan Pembuka

JAKARTA, SATRIAMUDA.ID - Satria Muda Pertamina membuka perjalanannya di IBL Tokopedia 2022 dengan kekalahan setelah tunduk dari Pelita Jaya Bakrie 69-65 di Gedung Basket GBK Sabtu (15/1). Anak-anak asuh Youbel Sondakh tampil buruk pada kuarter yang pertama kala hanya mampu membukukan 7 poin saja dan membiarkan lawannya mencetak 22 angka. Tampil pincang akibat ditinggal point guard andalannya, Hardianus, Satria Muda Pertamina menggeser posisi Arki Dikania Wisnu sebagai ball handler dan memasukkan Avan Seputra sebagai small forward. Perubahan ini tidak langsung berjalan mulus, serangan Satria Muda Pertamina yang biasanya mengalir dengan distribusi bola cepat, menjadi lebih tersendat.

 

Antoni Erga, point guard teranyar Satria Muda Pertamina dipilih menjadi solusi bagi permasalahan kuarter pertama Satria Muda Pertamina. Secara perlahan kekusutan dalam menyerang mulai terurai dan keran poin Satria Muda Pertamina terbuka. Pasukan biru menutup kuarter kedua dengan skor 36-28 masih keunggulan bagi Pelita Jaya Bakrie. Pengejaran makin intens pada kuarter ketiga. Seakan menolak nasib, pemain-pemain SM Pertamina secara bergantian mengambil peran untuk mencetak poin krusial dan bertahan dengan disiplin pada sisa pertandingan.

 

Puncaknya terjadi pada kuarter keempat, SM Pertamina yang tertinggal sepanjang pertandingan sempat unggul satu angka atas Pelita Jaya Bakrie dan menjaga jarak angka pada kisaran 5 angka. Kala tertinggal hanya 2 angka pada dua menit terakhir pertandingan, SM Pertamina gagal memanfaatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Elijah Foster, salah satu legiun asing SM Pertamina gagal mengkonversi kesempatan tembakan bebas. Setelahnya, Pelita Jaya Bakrie mampu mencetak poin krusial kala pertandingan menyisakan waktu kurang dari 30 detik lewat Vincent Rivaldi Kosasih. SM Pertamina hanya bertahan dengan 4 pemain setelah beberapa detik sebelumnya, Avan Seputra tergelincir dan memegang pergelangan kakinya.

 

Pelita Jaya Bakrie menutup pertandingan dengan kemenangan setelah mengalahkan SM Pertamina dengan skor 69-65. Youbel Sondakh setelah pertandingan menerangkan bahwa start yang kurang baik menjadi salah satu penyebab utama timnya kehilangan poin penuh dari pertandingan ini. Meski demikian, dirinya bangga melihat respon dari anak-anak asuhnya menanggapi situasi yang ada. "Situasinya memang jauh dari ideal, anak-anak masih belum panas dan memerlukan waktu untuk mengembangkan permainan. Namun saya respect dengan permainan anak-anak pada pertandingan malam hari ini," ujarnya.

 

Antoni Erga, yang bermain selama 29 menit pada pertandingan ini mengatakan bahwa masih banyak yang harus diperbaiki, terutama jika menyangkut permainannya di lapangan. "Saya harus lebih bisa membaca situasi dan merespon situasi di lapangan dengan baik, tentu saya belum puas dan masih harus memperbaiki kekurangan ini," ujar pemain asal Bangka Belitung ini. Youbel menegaskan bahwa yang Erga dirinya tidak kecewa dengan permainan Erga. Baginya Erga memainkan permainan yang cukup baik malam hari ini. "Saya melihat Antoni masih bisa berkembang dan apa yang Ia lalui saat ini merupakan bagian dari proses belajarnya," ujar Youbel.

 

Disinggung mengenai kondisi Avan Seputra, Youbel Sondakh mengaku belum tahu menahu perkembangan terkini mengenai pemainnya tersebut. "Avan akan diperiksa oleh dokter dan saya berharap Ia tidak menderita cedera parah," katanya. Youbel juga belum bisa memastikan apakah Avan akan absen pada pertandingan SM Pertamina selanjutnya menghadapi NSH Mountain Gold Timika, Minggu (16/1) di tempat yang sama. (TSA) 

Cari Berita


Satria Muda Instagram

SEDANG MEMPROSES ...